Daily Blog

Memahami Perbedaan Elektronika, Elektrik, Elektro dan Elektrik

Sebelum mengulas lebih dalam terkait dengan perbedaan elektronika, elektrik, elektro dan elektrik, untuk lebih baiknya untuk mengetahui dan memahami komponen elektronika. Ini akan ada hubungan dan sangat penting bagi Anda yang baru mulai masuk dalam dunia elektronika. 

Komponen elektronika adalah sebuah alat atau alat pendukung rangkaian elektronika yang bekerja dan berfungsi sesuai dengan kegunaannya. Komponen elektronika terbuat dari bahan kimia yang mempunyai sifat konduktor, isolator, dan semikonduktor. 

Apabila komponen elektronika di rangkai dan dijadikan satu dalam papan elektronika, maka akan menghasilkan suatu alat elektronik yang sudah dirancang awalnya. Karakteristik dan sifat dari komponen elektronika bermacam-macam diantaranya yaitu sebagai pengatur arus, perata ripple tegangan, penguat sinyal, penyaring noise dan lain sebagainya.

Perbedaan Elektronika, Elektrik, Elektro dan Elektrik

Elektronika merupakan ilmu yang membahas tentang arus listrik lemah, dan sedangkan elektronik adalah alat atau perangkat pendukung untuk menjalankan kinerja elektronika melalui komponen-komponen elektronika yang membangun sistem pada perlatan tersebut. 

Misalnya seperti smartphone, kamera digital, laptop, tablet, MP3 player, printer, komputer, PDA, Tabung Sinar Katode (Layar Monitor, Layar Televisi, Cathode Ray Tube, CRT), dan lain sebagainya. 

Elektro merupakan suatu jurusan yang berada pada perguruan tinggi di fakultas teknik dan biasa disebut dengan teknik elektro sendiri adalah jurusan yang mempelajari beberapa bidang, diantaranya yaitu elektronika, telekomunikasi, komputer, energi listrik, informatika dan sistem kontrol. Elektro senidir bisa disebut dengan Ilmu yang mem[elajari tentang seuatu yang berkaitan dengan elektronika.

Elektrik merupakan sesuatu yang berkaiatan dengan listrik arus kuat atau bisa disebut nama lain dari listrik. Disini Anda bisa mengetahui dan memahami bahwa elektrik berhubungan dengan listrik tegangan tinggi dan arus kuat, dan sedangkan elektronik dan elektronika berkaitan dengan tegangan rendah dan arus lemah.

Nah, itulah penjelasan terkait dengan pengenalan dalam dunia elektronika. Anda bisa belajar elektronika di situs-situs internet. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi teman-teman yang baru ingin mendalami dunia teknik elektornika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *