Daily Blog

Obat Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 Paling Ampuh

Kadar gula yang meningkat pada wanita hamil di sebut dengan diabetes gestational. Singkatnya, diabetes gestasional adalah diabetes selama kehamilan.

Kondisi ini muncul ketika perubahan kadar hormon dalam tubuh telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh akan insulin. Insulin adalah hormon yang membantu glukosa melewati darah ke sel-sel tubuh sebagai energi. Pada kondisi ini, insulin tidak bekerja dengan baik, sehingga kadar gula darah akan meningkat.

Diabetes selama kehamilan sebenarnya tidak permanen dan biasanya perlahan menghilang setelah bayi lahir. Namun, jika tidak segera diobati dapat meningkatkan risiko terkena Diabetes Tipe-2 di kemudian hari bahkan setelah melahirkan.

Selain itu, jika Anda tidak tahu cara menangani diabetes, hal itu dapat menyebabkan masalah yang lebih kompleks bagi Anda dan bayi Anda.

Cara Mencegah Diabetes Gestasional

Untuk menghindari masalah di kemudian hari, Anda perlu mengambil tindakan dini dalam menangani diabetes gestasional. Berikut adalah prinsip dasar untuk menangani kondisi ini:

Namun, jangan khawatir, Anda bisa menggantinya dengan buah atau sayuran yang banyak mengandung gula alami, seperti kurma, pisang, ubi, kismis, dan sebagainya yang sangat aman untuk ibu hamil.

Pola makan yang seimbang dan sehat. Hal ini sangat dianjurkan untuk semua ibu hamil bahkan untuk ibu yang sedang menjalani program kehamilan. Banyak mitos yang mengatakan bahwa sarapan tidak terlalu penting, namun pola makan yang seimbang dan sehat meliputi pola makan yang teratur termasuk sarapan yang teratur setiap pagi.

Karena menurut penelitian, ternyata biasanya melewatkan sarapan justru bisa meningkatkan kadar gula darah, memicu diabetes selama kehamilan.

Asupan gizi seimbang dan hidup aktif. Menyeimbangkan asupan makanan dengan gaya hidup aktif secara fisik (olahraga) merupakan pendekatan yang ideal untuk menjaga atau mengurangi kelebihan lemak tubuh dan kadar gula darah.

  • Uji kadar gula darah Anda sekali atau lebih setiap hari
  • Lakukan olahraga ringan khusus ibu hamil minimal 30 menit sesuai anjuran dokter atau bidan
  • Minum obat diabetes dan insulin sesuai resep setiap hari pada waktu yang tepat. Lakukan perawatan yang seimbang dengan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur.

Segera lakukan pemeriksaan kesehatan. Jika Anda menderita diabetes gestasional, Anda tentu perlu sering mengunjungi dokter agar dapat memantau tekanan darah dan kadar gula darah, memantau pola makan, merencanakan olahraga, dan menjaga berat badan. Sebagian besar wanita dengan kadar gula darah yang terkontrol dengan baik dapat melahirkan bayi yang sehat tanpa masalah kesehatan yang kompleks.

Tips Praktis Mengatasi Diabetes Saat Hamil

Pada diabetes gestasional selama kehamilan, Anda perlu memeriksa jumlah karbohidrat dalam diet seimbang dan sehat. Tetapi yang lebih penting, sangat penting bagi kita untuk menjaga kadar gula darah kita tetap terkendali.

Di bawah ini adalah prinsip yang bisa di ikuti untuk mengurangi resiko diabetes selama kehamilan:

1. Makan dengan porsi kecil tapi sesering mungkin bisa menjaga keseimbangan berat badan.

2. Sertakan sejumlah kecil karbohidrat dengan indeks glikemik lebih rendah di setiap makanan dan camilan. Pilihan Anda dapat mencakup roti gandum, sereal, pasta, labu, kentang, ubi jalar, jagung, beras merah, dan kacang-kacangan. Pilihan ini akan membantu Anda tetap kenyang sepanjang hari.

3. Pilih berbagai makanan yang memberikan nutrisi, terutama yang Anda butuhkan selama kehamilan. Ini termasuk:

  • karbohidrat (misalnya roti gandum, pasta, nasi, dll.)
  • kalsium (misalnya susu dan keju)
  • besi (misalnya daging merah, ayam, dan ikan)
  • asam folat (misalnya sayuran berdaun hijau direbus atau dikukus)
  • protein (misalnya daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, telur, keju tanpa lemak, dan berbagai produk kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai)
  • rendah lemak, terutama lemak jenuh (misalnya menggunakan lemak sehat, seperti canola, jagung, dan minyak zaitun)

4. Hindari makanan dan minuman manis, produk olahan dan gorengan

5. Makan banyak makanan berserat tinggi seperti sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, roti gandum, dan sereal

6. Konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi yang dapat memberikan saran yang baik tentang nutrisi terbaik untuk Anda dan bayi Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *