Daily Blog

Obat Fluvir dan Aturan Penggunaannya yang Perlu Anda Ketahui

Fluvir merupakan salah satu obat yang dapat Anda manfaatkan untuk mengobati infeksi virus. Anda juga dapat memperolehnya dengan mudah karena sampai saat ini masih dijual bebas di pasaran. Akan tetapi, tentu saja dalam penggunaannya perlu memperhatikan aturan pakainya. Ketahui terlebih dahulu, mengenai obat tersebut selengkapnya.

Apa Itu Obat Fluvir?

Fluvir merupakan salah satu jenis obat yang mempunyai kandungan bahan aktif Oseltamivir sebesar 75 mg. Oseltamivir ini sendiri merupakan salah satu obat yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi infeksi virus. Baik infeksi virus influensa tipe A contohnya flu burung. Influensa tipe A disini merupakan virus yang bisa menyerang manusia maupun hewan.

Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi infeksi virus influensa tipe B. Yakni sebuah infeksi yang terjadi akibat virus yang menyerang manusia. Nantinya, obat tersebut dapat digunakan bagi mereka untuk mencegah flu pada penderita yang baru saja terpapar oleh virus influenza dari penderita lain yang memang sudah terkena virus tersebut.

Obat yang satu ini juga dapat dikonsumsi saat makan. Akan tetapi, sangat tidak dianjurkan digunakan bagi mereka yang memang memiliki riwayat alergi terhadap Oseltamivir. Kemudian bagi mereka yang ingin mengkonsumsi obat tersebut ada baiknya untuk melakukannya pada jam yang sama setiap harinya. Agar nantinya proses pengobatan dalat dilakukan dengan lebih optimal.

Obat ini sendiri juga termasuk sebagai obat antivirus. Dengan begitu, tidak akan efektif apabila digunakan untuk mencegah infeski yang berasal dari bakteri. Terlebih, obat ini juga termasuk sebagai obat keras.

Obat yang mengandung Oseltamivir ini nantinya akan bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim yang bernama neuraminidase virus. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam mencegah proses pertumbuhan virus yang berhubungan dengan replika virus maupun sel inang. Saat mengkonsumsinya, pastikan untuk memperhatikan aturan penggunaannya.

Aturan Penggunaan Obat Fluvir

Perlu diketahui bahwa dosis penggunaan tiap orang berbeda-beda. Hal tersebut nantinya akan didasarkan pada berat atau tidaknya penyakit yang diderita oleh orang tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengkonsultasikannya kepada dokter maupun praktisi kesehatan lainnya terlebih dahulu. Terutama saat ini mengkonsumsi obat tersebut. Secara umum, di bawah ini aturan pakainya yang bisa Anda ketahui:

  1. Aturan untuk mengobati influenza

Bagi mereka yang sudah beranjak dewasa yakni tepatnya berusia 13 tahun ke atas, maka dapat mengkonsumsi obat tersebut sebanyak 1 kapsul setiap dua kali sehari. Anda dapat melakukan pengobatan tersebut setidaknya dalam waktu 5 hari. Jika tidak, maka Anda bisa mematoknya berdasarkan dengan ketentuan atau resep dokter.

  • Aturan untuk mencegah influenza

Apabila Anda memiliki usia di atas 13 tahun, untuk mencegah datangnya influenza maka dapat mengkonsumsinya 1 kapsul setiap harinya. Hal ini dapat dilakukan selama 10 hari untuk proses pencegahanya. Terlebih apabila Anda sudah pernah kontak dengan penderita influenza.

Ada baiknya untuk mengkonsumsi obat yang satu ini pada jam yang sama. Dengan begitu, proses pengobatan yang dilakukan dapat lebih optimal. Kemudian, bagaimana apabila lupa mengkonsumsinya? Bagi Anda yang terlanjur lupa untuk mengkonsumsi obat tersebut maka dianjurkan untuk segera mengkonsumsinya saat sudah ingat. Terlebih apabila jeda dengan jadwal konsumsi tersebut tidak terlalu dekat. Kemudian apabila sudah dekat, maka ada baiknya untuk mengabaikannya saja.

Anda dapat mengkonsumsi obat yang satu ini dengan cara diminum menggunakan air pada umumnya atau tanpa makanan. Untuk cara penyimpanan terbaiknya sendiri yakni di tempat yang kering dan juga sejuk. Usahakan untuk meletakkan obat tersebut pada tempat yang tidak langsung terkena paparan sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *